Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta

0
349

Sumber: Kronologi

LiputanIslam.com — Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih berdasarkan suara yang dihitung dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI oleh DPRD DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin (6/4). Ia terpilih menjadi suara terbanyak dengan 81 suara.

“Nomor urut satu Ir Ahmad Riza Patria dengan nomor urut satu, dengan jumlah 81 suara,” kata Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Faranzandi dalam rapat yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Dalam penghitungan hasil suara, Riza Patria mendapatkan 81 suara dari 100 suara yang hadir. Sedangkan Nurmansjah Lubis hanya mendapatkan 17 suara serta dua surat suara dinyatakan tidak sah setelah proses penghitungan berakhir.

Pemilihan dilakukan secara tertutup melalui Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta atas kesepakatan bersama seluruh anggota DPRD DKI.

Pemilihan dilakukan dengan dua nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan nomor urut satu untuk Riza Patria dari Faksi Gerindra dan nomor urut dua untuk Nurmansjah Lubis dari Fraksi PKS.

Enam bilik digunakan untuk pemungutan suara yang dilakukan dalam dua gelombang dengan sistem penjagaan jarak sosial. Setelah itu  berlanjut dengan penghitungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan.

Proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengalami proses yang berliku setelah kosong selama hampir dua tahun dan anggota DPRD DKI mengalami pergantian periode dan jabatan.

Mengomentari hal tersebut, Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menyebut hasil sidang paripurna pemilihan dan penetapan wakil gubernur DKI Jakarta merupakan cerminan kondisi konstelasi politik nasional saat ini.

Baca juga: PWNU Jatim Ajak Umat Islam Istighosah Kubro Daring

“Jadi inilah hasil dari paripurna, DKI Jakarta ini adalah Ibu Kota dan biasanya perpolitikannya  tidak jauh berbeda di tingkat nasional. Di tingkat nasional PKS oposisi sendirian, maka ada dampaknya juga dalam perpolitikan di DKI, sebagaimana kita lihat hasil paripurna pemilihan Wagub hari ini,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin di Jakarta, Senin.

Dia menjabarkan, dari perolehan dalam sidang paripurna itu, Nurmansjah yang merupakan kader PKS, mendapatkan suara sebanyak 17 dan diprediksi 16 di antaranya berasal dari jumlah kadernya yang berada di DPRD DKI Jakarta. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI: