Ahli Tasawuf: Jaga Nilai dan Etika Dalam Bermedia Sosial

0
262

Sumber: hidayah-art.com

Surabaya, LiputanIslam.com– Ahli Tasawuf, KH Lukmanul Hakim mengatakan bahwa kesalehan sesorang tidak semata dibuktikan dengan amaliyah ibadah mahdlah, tetapi yang terpenting adalah menjaga akhlak dalam hidup keseharian. Apalagi di era teknologi dan media sosial sekarang ini, kita harus tetap jaga nilai dan etika.

Demikian hal itu disampaikan Kiai Lukman pada Forum Silaturahim Nasional (Forsilatnas) VIII Persaudaraan Profesional Muda (PPM) di Pondok Pesantren Miftachussunnah, Kedung Tarukan,  Pacar Kembang Surabaya, Jawa Timur, seperti dilansir NU Online, pada Minggu (28/4).

“Kebutuhan mendesak nahdliyin atau warga NU khususnya pada era revolusi industri adalah menjaga dari pergeseran nilai. Saat bermedia sosial sekalipun harus  tetap menjaga akhlakul karimah,” ucapnya.

Menurutnya, hal yang harus selalu dipegang para pegiat Medos yang berlatarbelakang Nahdliyin adalah memikirkan dulu secara matang apa yang akan diunggah. Pahami dan cek kembali apa yang akan dibagikan. “Bukan posting dulu baru mikir,” katanya.

Dalam bermedsos juga, lanjut dia, hendaknya dilandasi dengan kasih sayang. “Kalaupun harus berdebat maupun membantah, hendaknya diawali dengan istighfar, agar hati orang lain bisa terbuka,” ungkap Kiai Lukman. (aw/NU Online).

DISKUSI: