Yaman: Serangan Arab Saudi Langgar Hukum HAM Internasional

0
166

Sumber: Presstv

Sana’a, LiputanIslam. Com—Kementerian Hak Asasi Manusia (HAM) Yaman mengecam keras serangan udara beruntun yang dipimpin Saudi di provinsi barat laut Sa’ada. Menurutnya, serangan yang telah menewaskan nyawa lusinan orang itu telah melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan secara terang-terangan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (24/12) kemarin, ia mengatakan kejahatan itu telah menambah catatan pelanggaran koalisi agresor Arab Saudi terhadap orang-orang Yaman. Praktek ini,  tambahnya,  merupakan contoh pelanggaran prinsip-prinsip kemanusiaan dan hukum HAM internasional yang sangat luar biasa.

Menteri itu menyebut koalisi yang dipimpin Saudi terus meningkatkan kampanye brutal terhadap warga sipil Yaman dengan berbagai cara, tanpa ada yang menghalangi.

Kementerian kemudian meminta Human Rights Watch (HRW), PBB dan komunitas internasional agar mengadopsi kebijakan yang efektif agar agresi ke Yaman benar-benar berakhir.

Ia juga meminta dibentuknya komite internasional yang independen untuk menyelidiki semua kejahatan yang dilakukan oleh anggota aliansi, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, terhadap Yaman.

Baca: Saudi Serang Pasar Hingga Jatuh Puluhan Korban, Tentara Yaman Mengancam akan Membalas

Pada Selasa malam, setidaknya 17 orang, termasuk selusin migran Afrika, kehilangan nyawa ketika unit artileri Saudi menargetkan pasar umum di daerah al-Raqou, distrik Monabbih di provinsi Sa’ada. (Fd/Presstv)

DISKUSI: