Terkait Program Nuklir, Badan Energi Atom Iran Akan Sampaikan “Kabar Gembira”

0
124

Sumber: Hamid Foroutan/AP

Tehran,LiputanIslam.com—Kepala Badan Energi Atom Iran (AEOI), Ali Akbar Salehi, mengomentari laporan terkait isu berhentinya program nuklir Iran akibat diadopsinya persetujuan nuklir JCPOA.

Kepada Mehr News Salehi menyebut, JCPOA bukan hanya tidak menghentikan program nuklir nasional, tetapi juga membantu Iran untuk memodernisasi dan mengakselerasi berbagai perkembangan di sektor industri nuklir.

Ia mengungkap aktivitas nuklir Iran mengalami kemajuan yang pesat dalam semua sektor. “Ada sekitar 15.000 orang Iran berikut para pakar yang bekerja pada industri itu.

Salehi sempat menyampaikan sumpahnya, dalam dua atau tiga bulan ke depan Iran akan memberikan “kabar baik” terkait berbagai perkembangan  di bidang reaktor air berat dan rekonstruksi beberapa aspek khusus.

Baca: Iran Ancam Gempur Pangkalan AS di Emirat dan Qatar

Pembangkit nuklir di bidang air berat telah dibangun sejak 2004. Di bawah persetujuan nuklir 2015, Iran setuju untuk mendesain ulang pembangkit tersebut . Meski begitu, Iran menekankan tidak akan memproduksi plutonium untuk senjata di pabrik tersebut. (fd/Sputnik)

DISKUSI: