Sumbang Inflasi, Airlangga Awasi Harga Bawang dan Beras

0
157

Sumber: wartaekonomi.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kelompok bahan makanan menjadi komponen peyumbang inflasi Oktober 2019 tertinggi, yakni sebesar 0,08 persen. Di antara kelompok bahan makanan tersebut adalah bawang merah dan beras.

Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku akan mengawasi harga bawang merah dan beras. Sebab, kedua komoditas tersebut menyumbang inflasi masing-masing sebesar 0,02 persen dan 0,1 persen.

Baca: BI: Inflasi di Manado Cenderung Tinggi pada November 2019

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Oktober 2019 sebesar 0,02 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 138,4. Inflasi dipicu oleh keanaikan harga sejumlah komoditas, yaitu kelompok makanan, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,45 persen.

Airlangga mengatakan, pihaknya akan menjaga stabilitas harga bahan makanan agar inflasi dari komponen harga pangan tetap terjaga.

“Faktor inflasi ini yang kami jaga, seperti harga bawang merah, harga beras itu nanti kami akan monitor,” kata Airlangga, Jumat (1/11).

Dia berharap, stabilitas harga bahan pangan bisa menjaga tingkat konsumsi masyarakat. Pasalnya, konsumsi masyarakat menjadi komponen paling besar dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini, kata dia, akan dibahas dalam rapat dengan Menteri Perdagangan dan Perum Bulog.

“Nanti kami aka koordinasi dengan Menteri Perdagangan dan Perum Bulog. Mungkin minggu depan akan kami rapatkan,” ujarnya. (sh/kompas/cnnindonesia)

 

DISKUSI: