Sumber: dream.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Seribu lebih para sarjana Muslim sedunia akan menggelar konferensi terkait sikap atau pandangan Islam soal kemajuan teknologi di era digital. Konferensi dalam bentuk Annual International Conference On Islamic Stuides (AICIS) 2019  yang mengangkat tema “Digital Islam, Education and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam” akan berlangsung di Jakarta pada 1-4 Oktober 2019 mendatang.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Arskal Salim mengatakan, AICIS adalah konferensi akademis yang dilakukan perguruan tinggi dan komunitas profesi keilmuan. “Para sarjana pengkaji Islam itu dikumpulkan di Indonesia untuk menyampaikan pandangan-pandangannya tentang bagaimana Islam di kancah global,” ucapnya di Kantor Kemenag Jakarta, pada Kamis (26/9).

“Jadi sekitar 1.700 sarjana Muslim dari dalam negeri dan luar negeri dari kalangan doktor dan mahasiswa pascasarjana akan menyampaikan hasil-hasil penelitian mereka dan kajian-kajian mereka pada AICIS 2019,” tambahnya.

Sementara Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, Indonesia merupakan negara Muslim berpengaruh di dunia dan selalu menjadi kajian utama tentang keislaman dan kultural. Maka, Kemenag memprakarsai pertemuan sarjana Muslim sedunia agar studi Islam di Indonesia dapat lebih berperan dalam menjawab persoalan keislaman dunia.

Baca: Kemenag Minta Penghulu Ikut Perkuat Moderasi Beragama

“Setiap tahun dunia Islam mendapat tantangan baru yang harus selalu dijawab. Maka Indonesia sebagai negara Islam terbesar di dunia harus menunjukkan kontribusi yang signifikan,” katanya. (aw/republika/merdeka).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*