Menlu Rusia, Sergei Lavrov. Sumber: Euronews

Moskow,LiputanIslam.com—Menlu Rusia, Sergei Lavrov, kembali menegaskan ilegalnya tindakan Amerika yang berusaha mengendalikan ladang minyak di Suriah. Karena itu, ia menyebut tindakan tersebut sama dengan perampokan dan hanya akan menghambat solusi politik yang saat ini sangat dibutuhkan oleh Suriah.

“Tentu saja, upaya untuk mengendalikan ladang minyak di Suriah adalah ilegal. Faktanya, ini sama saja dengan perampokan,” ucap Lavrov dalam konferensi pers bersama rekan Armenianya, Zohrab Mnatsakanyan, pada Senin (11/11) kemarin.

Menurut Lavrov, alih-alih bisa berdampak baik pada pemerintah Suriah, langkah Amerika itu justru hanya akan mengganggu stabilitas di suriah.

Pemerintah Rusia memang telah menekankan perlunya pemerintah Suriah mengontrol seluruh wilayah negaranya, termasuk ladang-ladang minyak, dan mengeliminasi terorisme, serta menemukan solusi atas krisis yang terjadi di Suraih.

Baca: Presiden Suriah Ragukan Kematian Abu Bakr Al-Baghdadi

Pada 26 Oktober lalu, Menhan Rusia mengutuk langkah Amerika yang mengirim kendaraan tempur beserta pasukannya ke Suriah Timur untuk mengontrol ladang minyak.

“Apa yang dilakukan Washington saat ini, mengontrol ladang minyak di Suriah Timur sama dengan perampokan,” ucap jubir kemenhan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

Sementara itu, Amerika masih saja berdalih bahwa tindakannya dilakukan untuk melindungi ladang minyak Suriah dari kelompok teroris. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*