Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.140 per Dolar AS

0
116

Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (26/6) melemah sebesar 15 poin atau 0,11 persen menjadi Rp14.140 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.125 per dolar AS.

Rupiah telah berhasil menguat selama enam hari berturut-turut. Akan tetapi, rupiah hari ini melemah seiring seiring koreksi mata uang regional Asia.

Menurut Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto, meskipun mengalami pelemahan, rupiah masih stabil.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.146 per Dolar AS

“Sebenarnya masih relatif sangat stabil. Apalagi masih di bawah Rp 14.200,” kata Rully.

Dia menilai, pergerakan rupiah akan dipengaruhi oleh pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang. Saat ini, pasar masih menunggu negosiasi AS dan China.

“Pasar menunggu hasil dari rapat G20. Proses negosiasi AS-China,” ujarnya.

Dia menambahkan, rupiah juga akan dipengaruhi oleh bank sentral AS, Federal Reserve (Fed) yang mensinyalkan penurunan suku bunga seiring melambatnya indikator ekonomi AS.

Pada perdagangan pagi hari ini, sebagian besar mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS. Dolar Singapura melemah 0,03 persen, ringgit Malaysia melemah 0,11 persen, baht Thailand melemah 0,16 persen, yen Jepang melemah 0,17 persen, peso Filipina melemah 0,22 persen, dan won Korea Selatan melemah 0,24 persen. Sedangkan, dolar Hong Kong adalah satu-satunya yang mengalami penguatan terhadap dolar AS sebesar 0,02 persen. (sh/republika/cnbcindonesia/cnnindonesia)

 

 

`

DISKUSI: