Presiden Jokowi: BJ Habibie Suri Tauladan Anak Bangsa

0
166

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof. Bacharuddin Jusuf (B.J.) Habibie adalah suri tauladan bagi seluruh anak bangsa. Menurutya, BJ Habibie adalah inspirator dan negarawan sejati.

Demikian hal itu disampaikan Presiden Jokowi pada pidato upacara pemakaman almarhum BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9) siang.

“Beliau adalah seorang negarawan sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya, ilmu pengetahuan, iman, dan takwa harus bersatu. Beliau adalah suri teladan bagi seluruh anak bangsa,” ucapnya.

Presiden mengaku bahwa bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Semasa hidupnya, almarhum Habibie telah memberikan bakti tulus dan pengabdian kepada bangsa. Hingga akhir hayatnya ia tetap terus memikirkan agar Indonesia menjadi bangsa maju.

“Almarhum tidak hanya berpikir tentang apa yang terjadi di Indonesia saat ini, tidak hanya berpikir tentang apa yang akan terjadi pada Indonesia untuk satu atau dua tahun mendatang, tapi Almarhum sudah berpikir dan bekerja untuk membangun masa depan Indonesia lima puluh tahun ke depan, untuk seratus tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas menjadi Indonesia maju,” ungkapnya.

Atas visi misi jauh kedepan beliau, lahir industri-industri strategis di Indonesia. Dari dedikasi beliau yang berbasiskan riset dan teknologi, pesawat Gatotkaca mengudara pertama kali pada saat Peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Bahkan BJ Habibie tak kenal lelah terus mengingatkan kita agar menjadi manusia Indonesia seutuhnya.

Baca: Imam Besar Masjid Istiqlal Pimpin Salat Jenazah BJ Habibie

“Beliau terus mengingatkan pentingnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk diisi dan dikuatkan dengan agama, dengan ilmu pengetahuan, dan dengan kebudayaan,” tambah Presiden.

Almarhum BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 83 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. (aw/setkab/kompas).

 

DISKUSI: