Pemerintah Dorong Ekspor Pertanian

0
114

Sumber: wartaekonomi.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya untuk mendorong ekspor produk pertanian.

Sampai saat ini, empat hasil produksi pertanian Indonesia telah berhasil masuk dalam sepuluh ekspor komoditas utama Indonesia ke beberapa negara pada periode Januari- Juni 2018. Keempat produksi komoditas pertanian tersebut adalah karet dan produk karet, kelapa sawit, kakao serta kopi.

Baca: Kementan Dorong Kaum Milenial Masuk Sektor Pertanian

Kinerja Kementan pun diapresiasi oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) karena dinilai telah mampu meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas.

Ketua Komite II DPD RI M Aji Mirza Wardana menyampaikan, Kementan tidak hanya berhasil meningkatkan produksi pertanian, tetapi juga berhasil mendorong sampai ekspor.

Saat ini, Kementan tengah berupaya meningkatkan ekspor buah-buahan tropis ke China. Hal ini dilakukan dengan mengikuti Fruit Expo 2019, di Guangzhou, China.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Yasid Taufik mengatakan, Kementan membawa delegasi sebanyak delapan pelaku usaha, eksportir, sekaligus produsen hortikultura.

Dalam kesempatan tersebut, peluang untuk meningkatkan ekspor dilakukan dengan kerja sama bilateral. Sebab, ada beberapa buah tropis yang tidak diproduksi China, seperti manggis, salak, dan durian.

“Kita berharap ada kerja sama bilateral yang lebih baik lagi,” kata Taufik, Jumat (28/6).

Pimpinan Departemen Pertanian dan Urusan Pedesaan Cina yang diwakili Li Xiao Jun telah berjanji akan memikirkan cara untuk meningkatkan hubungan perdagangan. Salah satunya melalui peningkatan hubungan dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Guangzhou.

“Kerja samanya diharapkan adalah kerjasama berjangka panjang,” ujarnya. (sh/detik/republika)

 

 

DISKUSI: