PBB: Tahun ini, 284 Warga Sipil di Libya Tewas

0
116

LiputanIslam.com—PBB telah mengeluarkan laporan pada Jum’at (20/12) kemarin terkait korban jiwa yang disebabkan oleh krisis kemanusiaan di Libya. Menurut laporan badan internasional itu, tahun ini saja sebanyak 284 warga sipil meninggal dunia.

“Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ucap jubir Komisioner PBB bidang HAM, Rupert Colville.

Selama ini, PBB fokus pada korban sipil yang berjatuhan di Libya, termasuk serangan terhadap pejuang HAM, jurnalis, dan perlakuan terhadap imigran serta pengungsi.

Colville menambahkan bahwa mayoritas korban sipil disebabkan oleh serangan udara. “182 sipil tewas dan 212 lainnya mengalami luka-luka,” ucapnya.

Berdasarkan laporan World Health Organization (WHO), sebanyak 61 serangan berbeda juga turut menargetkan institusi kesehatan.

Baca: Erdogan Nyatakan Turki tidak akan Diam Jika Rusia Menyokong Haftar di Libya

Krisis di Libya telah menyebabkan 343.000 pendudukan terpaksa mengungsi ke tempat atau negara yang lebih aman.

“Situasi di Libya sangat rumit. Ini bukanlah persoalan antara dua kubu saja,” ujar Colville, saat ditanya tentang aktor yang bertanggungjawab atas para korban.

“Kita tidak bisa mengidentifikasi siapa saja yang terlibat. Beberapa kasus masih buram. Saya tidak bisa menuduh pihak tertentu,” tambahnya. (fd/Memo)

DISKUSI: