OPM Diusulkan Jadi Organisasi Teroris Dunia, Begini Respon Pemerintah

0
172

Sumber: indonews.id

Jakarta, LiputanIslam. Com—Mantan BIN Hendropriyono menilai Organisasi Papua Merdeka (OPM) seharusnya masuk dalam list teroris internasional. Karena mereka sudah membunuh masyarakat.

“Mestinya OPM itu sudah masuk ke list terrorist international. Karena dia sudah membunuh rakyat yang tidak ngerti apa-apa. Itu sudah salah. Mereka bunuh tentara, polisi, rakyat juga dibunuh. Dan ini bisa sangat sulit dipecahkan,” ungkap Hendropriyono.

Dia juga menyarankan, agar semua pihak menyadari pentingnya menjaga keutuhan Papua dari Indonesia.

“Kita saya harapkan bisa menyadari ini, seluruh komponen rakyat Indonesia. Kita tidak hanya bisa bersandar pada pemerintah eksekutif dan legislatif. Dan kita harapkan bahwa jajaran pemerintah, Polhukam, Pertahanan, semuanya kita ikut berpatisipasi permasalahan ini. Jangan tenang-tenang saja,” tukasnya.

Baca: Presiden Jokowi Beri Ucapan Selamat Hari Raya Natal

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merespon usulan Hendropriyono.  Menurutnya,  ide itu akan ditampung dan dibahas Kemenko Polhukam.

“Soal Pak Hendropriyono, bagus. Pak Hendropriyono kan, senior. Dia pernah lama di pemerintahan, dia juga jenderal di BIN. Jadi, dia punya kapasitas untuk mengusulkan hal-hal seperti itu, usulnya kita tampung,” kata Mahfud ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Mahfud mengaku usul Hendropriyono akan dibahas bersamaan dengan cara pemerintah menangani persoalan di Papua. Dia berjanji pembahasan tersebut akan berlangsung tak lama lagi.

“Nanti dalam waktu tidak lama, tidak akan lebih dari dua hari kami akan rapat lengkap untuk membahas segala masalah yang menyangkut langkah-langkah komprehensif, termasuk usuln
ya Pak Hendropriyono,” ujarnya.(fd/Liputan6/inews)

DISKUSI: