Netanyahu Tandatangani Perjanjian Ekspor Gas ke Eropa Lewat Mediterania

0
127

Potret Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis (kiri), Presiden Siprus Nicos Anastasiades (tengah) , dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Sumber: Memo

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berkunjung ke Atena pada Kamis (2/1) kemarin untuk menandatangani perjanjian proyek pipa gas dengan para pemimpin Yunani dan Siprus. Pipa gas ini nantinya akan digunakan untuk mengekspor gas alam dari Israel ke benua Eropa melalui Mediterania.

Pada Desember lalu, Netanyahu sempat melakukan pembicaraan dengan mitra Yunani, Kyriakos Mitsotakis, dan Presiden Siprus, Nicos Anastasiades. Ketiganya setuju untuk menggelar pertemuan guna menandatangani proyek pembangunan pipa gas yang membentang dari wilayah kependudukan Palestina hingga ke Eropa.

Baca: Sekilas Perjalanan Hidup Syahid Qassem Soleimani

Netanyahu mengaku, dirinya telah membuat aliansi di Mediterania Timur, untuk melindungi sektor energi Israel dan juga menjaga stabilitas kawasan.

“Pipa gas yang akan kami kerjakan ini akan memperpanjang pipa gas yang sebelumnya dibangun oleh Menteri Energi Yuval Steinitz selama bertahun-tahun,” ucapnya.

Menurut laporan stasiun radio Israel, proyek pipa ini nantinya akan mulai beroperasi pada 2025 mendatang. (fd/Memo)

DISKUSI: