Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memastikan harga pangan saat Natal dan Tahun Baru tidak mengalami kenaikan.

Agus menyebutkan, sampai saat ini harga pangan terpantau aman dan terkendali. Dia mengaku telah memastikannya dengan mengecek langsung di beberapa daerah.

“TIdak ada (kenaikan harga). Jadi saya kemarin sudah cek ke Jawa Tengah, dan beberapa tempat, saya melihatnya langsung dan juga tim Kementerian Perdagangan sudah keliling ke beberapa daerah, sampai saat ini aman dan terkendali,” ujarnya, Sabtu (7/12).

Baca: Kemendag Antisipasi Gejolak Harga Bahan Pokok Jelang Akhir Tahun

Selain itu, dia telah memastikan ketersediaan pangan di pasar-pasar di seluruh Indonesia. Stok pangan sampai saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan saat Natal dan Tahun Baru.

“Pangan cukup stok untuk natal dan tahun baru, kami sudah cek stabil dana man,” ucapnya.

Akan tetapi, ada beberapa komoditas yang diprediksi akan mengalami kenaikan, seperti beras, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, telur, daging ayam, dan daging sapi.

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Kemendag telah menggelar operasi pasar baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Dengan begitu, harga kebutuhan pokok bisa sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

Di samping itu, Kemendag telah menggelar rapat koordinasi nasional yang diikuti Kepala Dinas Perdagangan di 34 provinsi. Kemendag akan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok secara berkala sampai Natal dan Tahun Baru. (sh/detik/katadata)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*