Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan telah mengantisipasi gejolak harga bahan pokok menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto menyampaikan, pihaknya telah melakukan rapat kordinasi dengan kepala dinas di 34 provinsi untuk meredam gejolak harga bahan pokok. Dalam rapat tersebut, harga bahan pokok dipastikan aman.

Baca: Jelang Akhir Tahun, Kemendag Siapkan Operasi Pasar Beras

“Kemarin kami sudah mengundang 34 kepala dinas provinsi untuk rapat koordinasi dan bisa dilaporkan saat ini di 34 provinsi harga masih aman,” kata Suhanto di Jakarta, Jumat (8/11).

Suhanto menuturkan, rapat koordinasi tersebut juga menghasilkan kesepakatan bahwa pejabat eselon I Kemendag akan datang ke setiap daerah untuk meninjau pasokan dan harga bahan pokok.

“Di setiap provinsi rapat akan dipimpin oleh pejabat eselon satu per satu wilayah agar tahu mengenai kelonjakan harga,” ucapnya.

Terkait komoditas beras, Kemendag telah menggandeng Perum Bulog untuk melakukan operas pasar hingga ke ritel modern. Bulog telah sepakat akan menyuplai beras medium ke seluruh toko ritel di Indonesia.

“Ini kemajuan kami gandeng ritel di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia menyatakan, operasi pasar akan terus dilakukan untuk memastikan kondisi bahan pokok aman. Dia yakin, hal ini akan mampu mengatasi gejolak harga menjelang akhir tahun.

“Pokoknya menjelang hari besar keagamaan terus dilakukan selama dianggap perlu,” kata dia. (sh/kompas/republika)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*