Menag Resmikan Perpustakaan Kanzul Hikmah

0
178

Sumber: santrinews.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag), Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Maktabah Kanzul Hikmah Jakarta, yakni perpustakaan yang mengoleksi kitab-kitab karangan ulama habaib di Nusantara. Menag berharap perpustakaan ini kedepannya bisa ikut menyebarkan Islam yang penuh kedamaian dan kesejukan.

“Mudah-mudahan perpustakaan ini bisa terus berkembang sehingga lalu kemudian penyebaran Islam yang rahmatal lil alamin itu bisa tetap disebarkan tidak hanya di tengah-tengah Indonesia, tapi juga memberikan sumbangan membangun peradaban dunia,” ucapnya pada Sabtu (29/6).

Maktabah  Kanzul Hikmah mengoleksi berbagai jenis buku, mulai dari kitab fiqih, kitab Maulid, Kitab Manakib, hingga buku-buku yang berisi pemikiran para ilmuan Islam. Perpusatakaan ini memiliki koleksi lebih banyak kitab yang dikarang alawiyyin atau ulama keturunan Nabi Muhammad Saw.

Sementara Ketua Umum Majelis Hikmah Alawiyah, Habib Ahmad bin Salim menjelaskan bahwa perpustakaan ini terbuka untuk umum dan didirikan untuk merawat warisan kitab-kitab agama yang dikarang para keturunan alawiyyin.

“Maktabah Kanzul Hikmah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjawab kebutuhan tersebut, yaitu adanya medium berbentuk perpustakaan yang menyimpan dan merawat kitab-kitab warisan para Alawiyyin,” ungkapnya.

Baca: Kemenag Akan Perkuat Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Baru

Pada kesempatan itu, tampak hadir juga pakar tafsir Indonesia, M. Quraish Shihab, mantan Menlu Alwi Shihab, Prof. Fajrie Alatas, serta perwakilan NU dan Muhammadiyah. (aw/republika/harianterbit).

 

DISKUSI: