Sumber: Kemenag.go.id

Malang, LiputanIslam.com– Kementerian Agama (Kemenag) akan memperkuat paham moderasi beragama di kalangan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi Islam negeri (PTIN). Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam, Arskal Salim GP mengatakan upaya moderasi beragama akan dimulai pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).

Demikian hal itu disampaikan Arskal  saat membahas rencana disain Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bersama para Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN se-Indonesia  di Malang, Jawa Timur, seperti dilansir kemenag.go.id, pada Kamis (27/6).

“Di samping pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan, PBAK menjadi pintu masuk agar mahasiswa baru paham dengan benar model keberagamaan yang moderat,” ucapnya.

“Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, karenanya dalam negara bangsa mahasiswa harus mampu menjadikan sebagai spirit untuk hidup damai di tengah pluralitas,” tambahnya.

Baca: Kemenag: Pendidikan Agama Harus Mampu Bentuk Karakter Baik

Sementara Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN se-Indonesia, Waryono Abdul Ghofur menyatakan bahwa PBAK merupakan momentum yang baik dalam menanamkan paham moderasi beragama pada mahasiswa.

“PBAK menjadi sarana efektif memberikan lapisan bagaimana menjadi muslim Indonesia di tengah kebaragaman. PTKI harus menjadi teladan bagaima mendesiminasikan moderasi beragama,” ucapnya. (aw/kemenag/timesindonesia).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*