Laporan: Bin Salman Hubungi Mark Esper, Bahas Pengiriman Pasukan AS ke Saudi

0
124

Sumber: AP

Riyadh,LiputanIslam.com—Kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), melaporkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman telah menghubungi Sekretaris Pertahanan AS, Mark Esper, pada Rabu (25/9) untuk membahas mekanisme pengiriman pasukan AS ke kerajaan.

Melalui panggilan telpon, perwakilan Washingtong itu menyebut akan melakukan apapun untuk menolong Riyadh mempertahanan diri.

Selain itu, Esper mengucapkan terimakasih kepada Arab Saudi karena telah bergabung dengan koalisi maritim AS di Teluk Persia.

Juni lalu, administrasi Trump mengumumkan pengiriman sekitar 500 pasukan AS ke pangkalan Pangeran Sultan di sebelah timur Riyadh. Menurut laporan SPA, pasukan AS pertama mendarat di Arab Saudi pasca invasi Irak ke Kuwait pada 1990, yang oleh al-Qaeda menyebut pasukan AS telah mengotori tempat kelahiran Islam. Pada 2003, pemerintah Saudi meminta pasukan AS pergi meninggalkan kerajaan.

Pada 14 September, perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, di Abqaiq dan Khurais telah diserang. Hasilnya, negara itu harus menelan pahitnya kehilangan produksi minyak hingga 50% atau sekitar 5.7 juta barel perhari.

Baca: 4 Rudal Zilzal-1 Yaman Terjang Pasukan Saudi di Asir

Meski Kelompok perlawanan Houthi Yaman telah mengkalim bertanggung jawab atas serangan itu, Amerika dan kerajaan Saudi tetap menyalahkan Iran tanpa disertai bukti-bukti yang cukup. Tehran telah menepis tuduhan itu dan menyebut Amerika terlalu malu mengakui sistem pertahanan rudalnya mampu ditembus oleh serangan Yaman. (fd/Sputnik)

DISKUSI: