LiputanIslam.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menandatangani nota kesepahaman, memorandum of action (MOU), dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk bersama memberantas terorisme dan radikalisme terutama melalui dunia maya.

“Kominfo sudah pasti mendukung aktivitas BNPT bagaimana merespons cepat isu terorisme. Salah satunya adalah bagaimana kita mengawasi atau menindak konten yang berkaitan dengan terorisme,” kata Menkominfo Rudiantara saat penandatangan nota kesepahaman penanggulangan terorisme di Kompleks Kominfo, Rabu (28/8).

Kominfo-BNPT akan menyoroti dunia maya karena isu radikalisme dan terorisme pun dapat tersebar melalui platform digital, BNPT khawatir radikalisme dan terorisme masuk ke generasi muda melalui dunia maya.

Selain bekerjasama dengan BNPT, Kominfo pun meminta platform digital turut bertanggung jawab atas konten yang berkaitan dengan terorisme dan radikalisme yang menyebar di dunia maya.

Baca juga: Ketua BNPT: Harus Berani Jadi Generasi Cinta Kedamaian

Kominfo meminta platform digital seperti Facebook dan Twitter untuk mengaktifkan kecerdasan buatan (artificial intelligent) dan machine learning untuk mendeteksi konten-konten negatif yang beredar di masing-masing platform.

“Mereka harus tanggung jawab kalau ada penyebaran konten radikalisme dan terorisme,” kata Rudiantara. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*