Kesal dengan Sesumbar Amerika, Turki: AS Lebih Butuh Kami

0
121

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Sumber: Washington Post

Ankara,LiputanIslam.com—Utusan Turki untuk Amerika Serikat, Serdar Kilic, mengatakan bahwa Washington membutuhkan Ankara, lebih dari apa yang dibutuhkan Turki dari AS.

Komentar ini disampaikan Kilic usai parlemen AS menyebut Turki sangat membutuhkan AS dan harus bergerak sesuai dengan keinginan negara itu.

“Sayangnya, ini tidak benar. Turki tidak memerlukan AS,” ucapnya, menekankan bahwa aliansi NATO adalah aliansi yang didasarkan atas hubungan saling menguntungkan antara kedua negara.

Ia mengatakan, Amerika justru sangat membutuhkan Turki saat negara itu ingin melakukan operasi-operasinya di Timur Tengah.

Baca: Erdogan Tegaskan lagi Kemungkinan Turki Kirim Pasukan ke Libya

Hubungan Turki-AS semakin dingin usai Presiden Erdogan memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Presiden Donald Trump mengecam langkah tersebut dan meminta Turki membatalkan transaksi tersebut. Menurut Trump, S-400 Rusia tidak sesuai dengan standar yang berlaku di NATO.

Beberapa waktu lalu, Erdogan sempat mengancam akan menutup dua pangkalan militer AS di Turki.

“Jika diperlukan, kami akan menutup pangkalan militer Incirlik dan Kurecik,” ancam Erdogan.

Erdogan menilai Turki berhak melakukan apapun untuk mempertahankan negaranya. “Jika AS menjatuhkan sanksinya terhadap kita, kita akan meresponnya,” tegas Erdogan. (fd/Memo)

DISKUSI: