Kerusuhan Terus Berlangsung, Ladang Minyak Irak Berhasil Dilumpuhkan

0
114

Sumber: Presstv

Baghdad, LiputanIslam. Com—Gelombang kerusuhan di Irak semakin menjadi-jadi. Kali ini,  ladang minyak Nassiriya di wilayah selatan Irak telah dilumpuhkan. Para perusuh memutus paksa aliran listrik ke ladang minyak dan membuat area itu menjadi gelap gulita.

Pada Sabtu (28/12), para perusuh dilaporkan telah menerobos masuk ke area ladang minyak dan memaksa para karyawan untuk menghentikan aliran listrik.

Mereka meneriakkan slogan, “Tak ada negara,  tak ada minyak”, dan memaksa ladang minyak yang mampu menghasilkan 90.000 barel perhari itu untuk berhenti beroperasi.

Sebelumnya,  para perusuh telah memblokir pintu masuk menuju kilang minyak dan beberapa pelabuhan.  Tapi, untuk pertama kalinya para perusuh itu berhasil melumpuhkan ladang minyak secara total.

Gelombang aksi yang dimulai sejak 1 Oktober itu awalnya menuntut pemerintah untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan memberantas korupsi.

Baca: Mendapat Serangan Mematikan, Hizbullah Irak Serukan Pengusiran Pasukan AS

Belakangan,  aksi massa berubah menjadi rusuh usai ratusan orang termasuk petugas keamanan terbunuh.

Awal bulan ini,  seorang pemuda berusia 16 tahun tewas digorok dan digantung,  cara membunuh yang mengingatkan kita dengan cara-cara kelompok teroris Daesh. (Fd/Presstv)

DISKUSI: