Kementan Tingkatkan Ekspor Durian Lokal

0
95

Sumber: nawacita.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha meningkatkan ekspor durian lokal dengan meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu buah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2017 neraca perdagangan durian surplus 232 ton. Kemudian, pada tahun 2018 meningkat menjadi 735 ton.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengatakan, Durian lokal telah tembus ke pasar manca negara dengan volume ekspor lebih dari 1000 ton.

Baca: Kebijakan Pemerintah Berhasil Angkat Pamor Durian Lokal

“Lebih dari 1000 ton durian Indonesia telah diekspor ke berbagai negara seperti China, Hongkong, Malaysia, Vietnam, Timur Tengah, Saudi Arabia, Qatar hingga negara Eropa seperti Belanda dan Portugal,” kata Prihasto, Selasa (28/8).

Prihasto menyebutkan, terdapat 104 varietas durian yang terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul. Beberapa di antaranya adalah durian Bido, Matahari, D 168, Bawor, Pelangi, Srombut, Petruk, Pelangi, Madu Racun, Bangau, Mas, Sitokong, Sunan, Petruk, Perwira, Tembaga, Matahari, Kajang, Bentara, Menoreh Kuning, Bestala, Ripto, Bawor (Kromo Banyumas), SoJ (Sunrise of Java/Durian Merah), dan MK Hortimart.

Dia berharap pengembangan durian ke depan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus meningkatkan ekspor.

“Program pengembangan kawasan durian yang dilakukan Kementerian Pertanian telah dimulai sejak 2012 tercatat seluas 4.155 hektare di berbagai sentra produksi utama,” ujarnya. (sh/nawacita/indonews)

 

DISKUSI: