Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Ketua Yayasan Durian Nusantara (YDN), Mohamad Reza Tirtawinata memuji keberhasilan program Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam mengembangkan durian lokal.

Reza mengatakan, kebijakan Mentan telah berhasil membalikkan neraca perdagangan durian yang selama bertahun-tahun defisit menjadi surplus pada tahun 2018.

“Ini awal yang luar biasa bagus, boleh dibilang prestasi petani durian seluruh Indoneisa pada umumnya dan Kementerian Pertanian pada khususnya,” kata Reza, Selasa (9/7).

Baca: Pemerintah Dorong Ekspor Pertanian

Saat ini, durian lokal membanjiri pilihan konsumsi durian dalam negeri. Sebelumnya, para penjual lebih banyak menjual durian impor, tapi saat ini durian lokal sudah mendominasi, baik di kios, maupun di gerai-gerai supermarket.

Dia menyebutkan, terdapat 13 jenis durian unggul di Indonesia antara lain Bido, Bawor, Matahari, Namlung, Pelangi, Serombut, Super Tembaga, Petruk, Pelangi, Madu Racun, Malika, Merah Banyuwangi, Lai Mahakam dan jenis lainnya.

Dia optimis ke depan durian lokal semakin mampu bersaing dengan produk durian dari negara-negara lain, seperti Thailand dan Malaysia.

“Durian kita bisa mengalahkan negara-negara lain yang kita kenal seperti Thailand atau Malaysia,” ujarnya.

Saat ini, durian Indonesia sudah menembus pasar mancanegara seperti Hongkong, China, Malaysia, Vietnam, Timur Tengah dan lainnya dengan nilai ekspor yang semakin meningkat setiap tahunnya. (sh/wartaekonomi/republika)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*