Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Jakarta Islamic Centre (JIC) akan menggelar acara diskusi yang bertema “Bedah Buku Hasil Riset Majelis Taklim Kitab Kuning di Jakarta 2016 sampai  dengan  2018” yang rencananya akan dilakukan di kantor JIC, Jakarta, pada Kamis (29/8) mendatang. Kepala Badan Manajemen JIC, KH Ahmad Shodri mengatakan bahwa hal ini dilakukan sebagai upaya agar kajian kitab kuning di Jakarta tidak hilang termakan zaman.

“Keberadaaan majelis taklim kitab kuning di Jakarta hingga saat ini, bisa diibaratkan sebagai sumur yang tidak pernah kering. Airnya selalu ditimba oleh masyarakat setiap saat untuk menghilangkan haus dan dahaga akan ilmu dan spirit perjuangan keislaman,” ucapnya di Jakarta pada Selasa (27/8).

Menurutnya, JIC memiliki peran penting dalam mengkaji aspek-aspek kehidupan masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan aspek ibadah dan keagamaan. Hasil-hasil kajian yang telah dilakukan oleh JIC juga sangat penting dalam upaya menjaga dan melestarikan pembelajaran kitab kuning.

Baca: KH Ma’ruf Amin Sampaikan Pentingnya Mengkaji Kitab Pendiri NU

Sementara Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC, Rakhmad Zailani Kiki mengungkapkan, kajian atau riset yang dilakukan JIC ini dalam ruang lingkup majelis taklim kitab kuning yang diselenggarakan dan atau difasilitasi oleh masyarakat.

“objek kajian riset majelis taklim kitab kuning di wilayah Jakarta,” ungkapnya. (aw/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*