Jepang Kirim Pesawat, Lindungi Kapal-kapal Jepang di Perairan Timur Tengah

0
123

Tokyo, LiputanIslam. Com—Juru bicara pemerintah Jepang mengatakan pada Jumat (27/12) bahwa negaranya akan mengirim kapal perang dan pesawat patroli untuk melindungi kapal-kapal Jepang yang berlayar di perairan Timur Tengah.

Atas persetujuan dari kabinet Perdana Menteri Shinzo Abe, sebuah kapal penghancur yang dilengkapi helikopter dan dua pesawat patroli P-3C akan dikirim untuk pengumpulan informasi yang bertujuan guna memastikan amannya rute kapal-kapal Jepang yang sedang melalui wilayah tersebut.

Jika ada keadaan darurat,  kementerian pertahanan Jepang akan mengeluarkan izin yang memungkinkan pasukan menggunakan senjata untuk melindungi kapal-kapal mereka.

“Perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah sangat penting bagi perdamaian dan kemakmuran masyarakat internasional termasuk Jepang,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam konferensi pers.

Baca: AL Iran Sebut AS Antagonis Tapi Berani Serang Iran

Gesekan antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat sejak tahun lalu, ketika Presiden AS Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir internasional 2015 dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi terhadap republik Islam itu. (Fd/RT)

DISKUSI: