Iran Sambut Baik Sikap Jepang Tolak Bergabung dengan Koalisi Maritim AS

0
169

Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyambut baik putusan Jepang untuk tidak bergabung dengan koalisi maritim pimpinan Amerika di Selat Hormuz dan Teluk Persia.

Hal ini disampaikan Rouhani pada Sabtu (21/12) saat tiba di Tehran usai melakukan perjalanan lima hari ke Malaysia dan Jepang. Rouhani menyebut keamanan energi dan pelayaran adalah isu penting bagi semua negara Asia dan Eropa yang sumber energinya bergantung dari kawasan Timur Tengah.

“Jepang mendukung gagasan Iran untuk menciptakan perdamaian dalam jangka panjang di Teluk Persia dan Selat Hormuz. Selain itu, Jepang mengumumkan tidak akan ikut ambil bagian dalam koalisi Amerika di kawasan. Kami menyambut kedua sikap ini,” ucapnya.

“Jepang ingin mengirim kapal perangnya ke kawasan, tapi bukan ke Teluk Persia dan Selat Hormuz, tapi ke Bab el-Mandeb dan Laut Oman,” tambah Rouhani.

Sampai saat ini, Iran berkeyakinan bahwa keamanan regional hanya bisa dilakukan oleh negara-negara regional.

Baca: Kian Memanas, Trump Balas Menuntut Interpelasi atas Pelosi

Gesekan antara Iran dan Amerika Serikat meningkat usai Presiden AS, Donald Trump, secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir yang ditandatangani antara Iran dan enam negara besar lainnya pada 2015 silam.

Usai mundur dari perjanjian yang disebut JCPOA itu, Presiden Trump mulai menjatuhkan sanksi-sanksinya kepada Iran. Semua akses perdagangan minyak Iran diputus oleh AS dan semua negara yang nekat membeli minyak Iran akan mendapatkan sanksi langsung AS. (fd/Presstv)

DISKUSI: