Kian Memanas, Trump Balas Menuntut Interpelasi atas Pelosi

0
103

Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump melalui akun Twitter-nya meminta agar Nancy Pelosi (ketua DPR AS) juga diinterpelasi seperti dirinya.

“Nancy Pelosi ingin melakukan transaksi dengan Senat. Jadi kenapa kita tidak menginterpelasinya?”cuit Trump.

Para senator dari Demokrat dan Republik berbeda pandangan terkait sidang interpelasi Trump di Senat. Pihak Demokrat menginginkan agar anggota senior pemerintahan Trump dipanggil sebagai saksi. Pelosi sendiri enggan mengirim dokumen-dokumen terkait interpelasi ke Senat; langkah yang kemudian disebut bertujuan untuk meningkatkan tekanan atas pihak Republik.

Sementara itu, mayoritas Republik menghendaki sidang interpelasi diadakan sesegera mungkin. Mereka meyakini, pihak Demokrat berniat menunda-nunda sidang selama mungkin lantaran lemahnya bukti-bukti yang mereka miliki.

Para senator Demokrat menyatakan, interpelasi Trump adalah masalah darurat. Menurut mereka, Trump adalah ancaman bagi demokrasi.

DPR AS sendiri tidak akan bisa mengirim pasal-pasal tuduhan interpelasi ke Senat sampai diadakannya sidang pertamanya pada 7 Januari nanti. Senat akan dibuka kembali pada 3 Januari. Namun hingga tanggal 6 Januari tak akan ada pemungutan suara.

Apa pun hasil interpelasi mendatang, Demokrat tetap bisa mencantumkan nama Trump dalam daftar presiden yang diinterpelasi sepanjang sejarah AS. Andrew Johnson (1868) dan Bill Clinton (1998) adalah dua presiden AS yang pernah diinterpelasi sebelum Trump. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

 

DISKUSI: