Iran dan Turki Ajak Dunia Muslim Hentikan Dominasi Dolar AS

0
170

Sumber: Memo

Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, telah mengajak mayoritas negara-negara Muslim untuk bekerjasama menentang terorisme ekonomi Amerika.

Gagasan ini disampaikan Rouhani saat menghadiri konferensi di Kuala Lumpur beberapa hari lalu.

“Rezim ekonomi Amerika dan dolarisasi ekonomi global serta nasional telah memberikan ruang bagi Amerika untuk meneror sebuah negara,” ucapnya.

Rouhani menekankan, dunia Islam menginginkan keamanan dari ancaman dominasi dolar dan rezim keuangan Amerika Serikat.

Selain Rouhani, gagasan serupa juga disampaikan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia menyebut dunia Muslim untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS dan bebas melakukan perdagangan tanpa khawatir dengan intervensi asing.

“Kita melakukan perdagangan dengan menggunakan mata uang asing, sebagai gantinya kita juga ingin negara asing melakukan perdagangan menggunakan mata uang kita,” jelas Erdogan. Erdogan saat ini mengaku tengah mengembangkan alternatif sistem pembayaran dengan negara-negara asing seperti Rusia, Cina, dan Brazil.

Baca: Presiden Iran Ajak Negara-negara Islam Lawan ‘Terorisme Ekonomi’ AS

Iran telah memperjuangkan negaranya untuk bebas dari cengkraman sistem ekonomi global yang terlalu didonimasi oleh dolar AS. Republik Islam itu mengkampanyekan perlawanan terhadap negara-negara Barat. Bahkan, saat ini, negara itu tengah didera sanksi ekonomi berkepanjangan dari AS. (fd/Memo)

DISKUSI: