Gubernur Dorong Perkembangan Sastra di Bengkulu

0
153

Sumber: republika.co.id

Bengkulu, LiputanIslam.com– Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah terus mendorong berkembangnya sastra dan seni di Bengkulu. Menurutnya, pemerintah daerah mendukung penuh para penulis dan sastrawan mengembangkan kreativitasnya di Bengkulu. Tantangan yang dihadapi adalah bagian dari perjuangan.

Demikian hal itu disampaikan Rohidin saat membuka Festival Sastra Bengkulu (FSB) di Balai Semarak Pendopo Gubernur Bengkulu, seperti dilansir republika.co.id pada Rabu (18/9).

“Kalau ada kekurangan dan hambatan, maka di situlah timbul kreativitas. Kalau kita berdiam diri, berada dalam zona nyaman saja, maka tidak akan berkembang,  tidak akan ada hasil yang lebih baik. Maka sekali lagi, jangan pernah menyerah,” ucapnya.

Rohidin menganalogikan tantangan yang dihadapi oleh para sastrawan seperti makan sirih. Ketika digigit memiliki rasa asam, pahit, sepet dan manis. Jika dikunyah lama-lama maka akan muncul rasa manis.  Rohidin mengatakan orang yang makan sirih giginya kuat.

“Orang akan kuat kalau dia telan semua, dikelola semua, asam pedas kehidupan,” katanya.

Baca: Rohidin Mersyah: Kita Ciptakan Generasi Berkualitas dan Berdaya Saing Tinggi

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi penyair asal Bengkulu Selatan Willy Ana yang telah menggagas kegiatan festival sastra tersebut. “Ia berkiprah di Jakarta, lalu membawa kegiatan ke Bengkulu, bisa mendatangkan banyak sastrawan ke sini, itu luar biasa. Dia melatih calon-calon penulis Bengkulu. Ia mengundang kawan-kawannya dari seluruh Indonesia,” ungkap Rohidin. (aw/republika/suara).

DISKUSI: