Google Blokir Akses Media Kontra Amerika

0
188

Sumber: Nieman Lab

LiputanIslam.com—Google kembali memblokir akses dua media yang gencar menyuarakan perlawanan terhadap Amerika, Press TV dan Hispan TV, tanpa pemberitahuan.

Press TV adalah media asal Iran dengan kuantitas pembaca dan pengunjung yang cukup banyak. Usai diblokir, para pengunjung media ini mempertanyakan jaringan you tube Press TV dan Hispan Tv yang tak lagi bisa diakses.

Hal yang sama terjadi pada April lalu. Pihak Google menutup akses YouTube dan Gmail mereka. Pihak Google hanya menyebut dua media ini telah melanggar kebijakan, tanpa menjelaskan jenis kebijakan yang dilanggar secara detail.

Pihak Press TV dan Hispan TV menilai langkah Google sebagai upaya menyensor produk jurnalistik yang dipublikasikan dua media itu.

Direktur Website dan Media Sosial Press TV, Habib Abdolhossein, mengatakan bahwa mereka telah mematuhi semua kebijakan Google, termasuk konten pengguna. “Bahkan jika kami telah melanggar aturan, mereka seharunya memberitahu kesahalannya,” ucapnya.

“Website media sosial harusnya menjadi dasar untuk menyuarakan sudut pandang yang berbeda. Sayangnya, mereka lebih suka mempolitisasi ketimbang mensosialisasikannya,” tambahnya.

Baca: Ancaman Omong Kosong Israel Terhadap Iran

Sejak Donald Trump menduduki kursi presiden AS pada 2016 lalu, Amerika mulai menargetkan Iran untuk dilenyapkan. Trump mendeklarasikan kampanye tekanan maksimum terhadap aktivitas ekonomi Iran, terutama di sektor minyak.

Selain itu, Departemen Luar Negeri AS telah meminta perusahaan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk memblokir akun para pemimpin pemerintah Iran. (fd/Presstv)

DISKUSI: