Galuh Ethnic Carnival 2019 Berlangsung Meriah

0
189

Sumber: republika.co.id

Ciamis, LiputanIslam.com– Galuh Ethnic Carnival (GEC) 2019 berlangsung meriah di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat pada Selasa (25/6). Berbagai kesenian tradisional dan budaya meramaikan acara Galuh Ethnic Carnival yang menjadi puncak memperingati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis tersebut.

Aneka macam perkakas seni tradisional seperti gendang, seruling, rebana dan lainnya terus dibunyikan. Berbagai kesenian tradisional yang ditampilkan di antaranya  pontrang, Mabokuy, Bebegig sawah Kawali, dan ada juga kesenian Karawang berupa  Egrang yang menjulang tinggi.

“Ini merupakan momen yang sangat baik bertemunya aneka kesenian tradisional yang selama ini berkembang di tengah masyarakat tatar Galuh. Kegiatan Galuh Ethnic Carnival serta pameran budaya, merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeringati Hut Kabupaten Ciamis ke-377,” ucap Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Sunarya mengaku kagum dengan aneka kesenian tradisi yang selama ini tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. Kegiatan carnival ini menurutnya membuktikan akan kayanya budaya bangsa dan upaya melestarikannya.

Baca: Pemkab Alor Komitmen Lestarikan Budaya Pakaian Kulit Kayu

“Kegiatan GEC ini bakal menjadi agenda hari jadi Ciamis. Paling tidak GEC dapat ikut memberi sentuhan upaya pelestarian kebudayaan tradisional, sebagi bagian tidak terpisahkan dari kebudayaan nusantara. Kami juga berharap hal tersbeut mampu menarik wisatawan,” katanya. (aw/pikiranrakayat/detik).

DISKUSI: