Diplomat AS Paksa Eropa Masukkan Hizbullah dalam Daftar Hitam

0
153

Sumber: Sputnik

Washington, LiputanIslam. Com—Duta Besar AS untuk Jerman,  Richard Grenell,  telah menuduh Hizbullah sebagai dalang dibalik serangan roket ke arah pangkalan militer AS di Irak. Atas dasar itu,  ia meminta negara-negara Eropa untuk menerapkan larangan skala penuh terhadap Hizbullah.

“Sekarang adalah saat yang tepat bagi sekutu Eropa kita untuk mengikuti pimpinan parlemen Jerman dan memberikan label teroris kepada Hizbullah,” tulis Richard Grenell pada Sabtu (28/12).

Seruan itu datang satu hari setelah kontraktor sipil AS terbunuh dan beberapa personel militer AS dan Irak terluka akibat serangan roket di pangkalan militer K1 di provinsi Kirkuk- Irak.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Washington sedang meninjau keterlibatan Hezbollah dalam insiden itu.

Baca: Mendapat Serangan Mematikan, Hizbullah Serukan Pengusiran Pasukan AS

Di saat yang sama, Jerusalem Post Israel mengklaim bahwa roket yang digunakan untuk melawan pasukan AS di Irak adalah jenis yang sama dengan yang ditemukan Israel pada tahun 2009 yang diduga dikirim oleh Hizbullah.

Harian Israel mengklaim bahwa foto-foto serangan baru-baru ini yang diposting online menunjukkan roket 107mm, jenis amunisi yang sama yang dicegat pada 2009 yang konon diluncurkan oleh Hizbullah.(fd/Presstv)

DISKUSI: