Cina, Iran, dan Rusia akan Gelar Latihan AL di Teluk Oman dan Samudera Hindia

0
159

LiputanIslam. Com—Kementerian Pertahanan Cina mengatakan pada Kamis (26/12) kemarin bahwa negaranya bersama dengan Iran dan Rusia akan mengadakan latihan bersama angkatan laut mulai Jumat di Samudra Hindia dan Laut Oman.

Reuters melaporkan,  latihan bersama ini digelar saat ketegangan antara Tehran dan Washington di perairan internasional itu semakin meningkat.

Juru bicara kementerian Cin, Wu Qian dalam konferensi pers bulanan mengatakan bahwa Cina akan mengirim Xining, sebuah penghancur rudal  dalam program latihan bersama, yang akan berlangsung dari 27 hingga 30 Desember, dan dimaksudkan untuk memperdalam kerja sama antara angkatan laut ketiga negara.

Laut Oman adalah jalur penting karena terhubung ke Selat Hormuz – notabene dilalui sekitar seperlima minyak dunia – yang pada gilirannya terhubung ke Teluk Arab.

Baca: AL Iran Sebut AS Antagonis Tapi Berani Serang Iran

Gesekan antara Tehran-Washington semakin meningkat sejak tahun lalu ketika Presiden AS Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian nuklir Iran tahun 2015 dengan enam negara dan menerapkan kembali sanksi terhadap negara itu untuk melumpuhkan ekonominya.(fd/Memo)

DISKUSI: