mesjid kuyularonu alanya-yasar akbas

Masjid Kuyularonu Alanya. Dok: Yasar Akbas

Di tengah hiruk pikuk perbelanjaan kota Alanya, terdapat sebuah masjid bergaya modern yang menarik untuk dikunjungi. Masjid ini memang ramai dikunjungi oleh para turis baik itu turis muslim maupun non muslim. Tak menyangka jika masjid ini adalah sebuah masjid bersejarah, karena di depan masjid ini tertera tahun 2005. Ternyata tahun tersebut adalah tahun terakhir masjid ini direstorasi. Alanya adalah kota di selatan Turki (di pesisir Mediterania) di provinsi Antalya, Turki.

Saya pun penasaran dengan sejarah masjid ini. Tak tertulis apa pun di dalam atau pun di luar masjid ini tentang sejarahnya. Untuk menghilangkan rasa penasaran ini, saya pun berselancar di dunia maya, karena suami sendiri  yang mengaku asli dari Alanya pun tidak tahu bagaimana sejarah masjid ini.

Saya temukan bahwa masjid ini adalah peninggalan kekaisaran Ottoman. Jika melihat dari bentuk masjid ini sekarang, sangat beda dari masjid-masjid Ottoman yang lainnya. Entah bagaimana bentuk masjid ini dulunya, tapi yang pasti sekarang masjid ini sangatlah modern. Dengan kubahnya yang tidak berbentuk setengah bola, dilengkapi dengan sebuah menara yang mengukuhkan bentuk sebuah masjid. Namun interior dalam masjid senada dengan masjid-masjid Ottoman yang lain. Terdapat mihrab, mimbar serta ornamen indah yang menghiasi dinding dalam masjid.

Masjid ini dibangun pada tahun 1470-an, kemudian direstorasi pada tahun 1765, 1942, dan terakhir pada tahun 2005. Tahun 2005 adalah tahun awal kedatangan saya ke Alanya. Sepertinya saat itu masjid ini baru saja selesai direstorasi.

pintu masuk kuyularonu (foto:dian akbas)

pintu masuk kuyularonu (foto:dian akbas)

Melihat dari arti kata Kuyularönü dapat diartikan seperti ini: berasal dari kata kuyular (sumur-sumur) – önü (depan) yang berarti di depan sumur-sumur. Katanya waktu jaman dulu di daerah itu terdapat banyak sumur. Jadi masjid ini pun diberi nama sesuai dengan tempatnya yaitu Kuyularönü.

Jika Anda bertandang ke Alanya dan ingin mengunjungi masjid ini gampang saja. Naiklah bis no 4 dari pusat kota, maka Anda akan diantarkan sampai ke depan masjid. Atau jika ingin berjalan kaki pun juga bisa, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 5-10 menit untuk sampai ke masjid tersebut.

Untuk mengunjungi masjid pasti ada tata kramanya, sama seperti mengunjungi masjid-masjid yang lainnya. Yaitu harus berpakaian sopan. Untuk wanita diharuskan menutupi auratnya. Di sana disediakan beberapa hijab dan rok panjang untuk para wanita yang belum menutup aurat. Dan jika ingin berfoto-foto, berfotolah di luar waktu shalat lima waktu.

Berikut adalah peraturan untuk memasuki masjid Kuyularönü yang tertulis dalam 4 bahasa (Turki, Jerman, Inggris, Prancis):

1.      please take off your shoes before you enter the mosque

2.      women shouldn’t go into the mosque without covering their head and legs

3.      men shouldn’t enter the mosque wearing shorts

4.      no photos allowed while praying.

Dari trotoar jalan, Anda menapaki beberapa anak tangga maka Anda akan berada di teras masjid. Bukalah alas kaki Anda dan simpan di rak sepatu yang tersedia di teras tersebut. Masuklah ke dalam masjid untuk mengetahui bagaimana suasana dan keindahannya. Jika Anda seorang wanita dan ingin melaksanakan shalat, maka Anda harus naik ke lantai dua masjid tersebut. Karena di sanalah tempat untuk para wanita melakukan shalat.

dalam masjid kuyularonu-dian akbasSaya suka mengunjungi masjid ini, karena sangat dekat dari pusat kota. Meskipun di luar masjid ramai dengan hiruk pikuk orang berbelanja tapi di dalam masjid sangat adem. Saya dapat menyamakan keadaan masjid ini dengan Masjid Raya Bandung yang terletak di alun-alun kota Bandung. Masjid Raya Bandung terletak di keramaian orang-orang berbelanja, sama seperti masjid Kuyularönü.

Tapi di masjid Kuyularönü ini masih ada kekurangannya, yaitu tempat wudhu untuk wanita. Tidak tersedia tempat wudu tertutup. Di sana hanya tersedia tempat wudhu di balkon (tempat terbuka). Jadi kalau mau berwudhu yang tertutup harus di wastafel toilet yang terletak di bawah masjid.

kumpir-dian akbas

Kumpir, dok: Yasar Abbas

 

Jika sudah puas menikmati keindahan masjid Kuyularönü dan Anda merasa lapar, tak jauh dari sana  terdapat gerai fastfood yang menyediakan kumpir enak. Kumpir adalah panganan dari kentang. Khususnya kentang jumbo. Kentang bakar yang dilengkapi dengan granitur macam-macam seperti sosis, daging, zaitun, turşu (acar), jagung rebus, dll (dapat memilih sendiri) dan ditaburi saus tomat atau cabai serta mayones akan membuat perut Anda kenyang. Membeli satu porsi kumpir sangatlah mengenyangkan. Bahkan saya tidak mampu menghabiskannya sendiri.

kokorec-dian akbas

Kokorek, dok: Yasar Abbas

Di sebrang gerai kumpir tersebut, terdapat gerai kokoreç. Kokoreç adalah panganan dari usus sapi atau kambing. Jika Anda penyuka jeroan, makanan yang satu ini patut dicoba. Anda dapat menikmati kokoreç dalam bentuk ekmek arası (seperti sandwich) ataupun dapat disajikan di piring. Ditemani dengan segelas ayran, lengkap sudah kelezatannya. Ayran adalah minuman dari yoghurt ditambah air dan garam lalu dikocok-kocok. Dengan menyantap makanan tersebut akan membuat perut Anda kenyang dan siap untuk meneruskan wisata Anda di Alanya. (Dian Akbas/LiputanIslam.com)

 

(Dian Akbas adalah penulis buku “Muslimah Mompreneur” dan “Womenpreneur Checklist” dan pemilik blog www.turkiyeandmylife.blogspot.com. Berdomisili di Alanya, Turki.)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL