Sumber: kabar24.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang membangun kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berada di kawasan RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat. UIIII adalah salah satu proyek strategis nasional yang diharapkan selesai pembangunannya pada Desember 2020 mendatang.

“Kampus UIII dibangun dalam dua tahap dengan biaya Rp1,2 triliun,” tulisnya pada akun media sosial Instagram dan facebook miliknya, seperti dilansir setkab.go.id pada Senin (2/12).

Presiden menjelaskan bahwa ada dua kementerian yang berbagi tugas dalam membangun kampus itu. Kementerian Agama membangun gedung rektorat, gedung fakultas dan plaza. Sementara Kementerian PUPR membangun rumah dosen, masjid kampus seluas 5.200 m2, perpustakaan delapan lantai seluas 16.556 m2, serta asrama mahasiswa delapan lantai seluas 12.815 m2 dan lain-lain.

“Infrastruktur kawasan dan pagar kelilingnya dikerjakan oleh BUMN Brantas Abipraya,” katanya.

Kampus UIII nantinya diharapkan menjadi kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Para peneliti atau mahasiswa dari luar yang ingin tahu tentang Islam di Indonesia nantinya bisa belajar ke UIII.

Baca: Presiden Tegaskan Lebih Baik Tidak Perlu Amandemen

“Bangunan Kampus UIII hanya memanfaatkan 20-30 persen dari total luas komplek. Sisanya akan menjadi ruang hijau berupa taman,” tambah Presiden. (aw/setkab/vivanews).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*