Teheran, LiputanIslam.com –   Militer Iran telah merilis video yang merekam detik-detik penembakan jatuhan pesawat nirawak pengintai berjenis RQ-4 Global Hawk milik Amerika Serikat (AS) oleh sistem pertahanan udara “Khordad 3” milik Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menembakkan rudal darat-ke-udara.

Video itu memperlihatkan sistem payung udara Iran itu bergerak meluncurkan rudal dari lokasi yang dirahasiakan di bagian selatan Iran pada dini hari Kamis (20/6/2019). Rudal itu berhasil menerjang sasarannya hingga terjadi ledakan di dalam wilayah udara Iran di angkasa pesisir provinsi Hormuzgan.

Baca: Coba Mengintai Iran, Pesawat Nirawak Mata-mata AS Jatuh Tertembak

Beberapa jam kemudian, para pejabat militer Amerika mengkonfirmasi bahwa nirawak tipe MQ-4C Triton milik Angkatan Laut AS telah ditembak jatuh di “wilayah udara internasional” dekat Selat Hormuz, Teluk Persia.

IRGC dalam sebuah pernyataan sebelumnya menegaskan bahwa nirawak nahas itu bertipe RQ-4 Global Hawk, sedangkan Triton adalah versi Global Hawk yang telah sedikit dimodifikasi dan sebagian besar dibuat dari komponen-komponennya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengumumkan bahwa Iran telah menemukan serpihan drone di perairan teritorialnya.

Baca: Ini Dia Senjata Buatan Iran Yang Baru Saja Merontokkan Nirawak Pengintai AS

Di pihak lain, seorang pejabat anonim AS mengatakan kepada Reuters bahwa serpihan itu berada di perairan internasional, dan aset angkatan laut Amerika telah dikirim ke daerah itu untuk mengambilnya.

Khordad 3 adalah sistem pertahanan udara buatan Iran yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*