Teheran, LiputanIslam.com –   Sistem pertahanan udara pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah merontokkan satu unit pesawat nirawak pengintai Amerika Serikat (AS) tipe RQ-4 Global Hawk pada Kamis dini hari waktu setempat (20/6/2019), seperti telah diberitakan sebelumnya.

Baca: Coba Mengintai Iran, Pesawat Nirawak Mata-mata AS Jatuh Tertembak

Dilaporkan bahwa IRGC telah menembak jatuh nirawak canggih itu di kawasan dekat Gunung Mubarak, provinsi Hormuzgan, Iran selatan, dengan sistem payung udara “3 Khordad”, setelah nirawak itu dipastikan melanggar zona udara Iran.

Sumber IRGC menyebutkan bahwa sistem 3 Khordad adalah buatan Iran sendiri yang telah diungkap dalam sebuah pameran produk-produk Pasukan Dirgantara Iran yang diresmikan oleh Pemimpin Besar Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei pada tahun 2014.

Sumber anonim itu menjelaskan bahwa 3 Khodad dibuat untuk mencegat dan merontokkan sasaran di udara pada ketinggian menengah berupa jet tempur, roket, rudal cruise, dan pesawat nirawak. Sistem ini dapat meladeni empat sasaran sekaligus pada ketinggian maksimal 50 kilometer dan dalam radius 75 kilometer.

Sedangkan RQ-4 adalah salah satu pesawat AS terbaru yang diproduksi oleh Northrop Grumman Corporation, dan digunakan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS.

Baca: Media AS: Trump Instruksikan Bawahannya agar Tidak Berkata Pedas kepada Iran

Pesawat nirawak ini dapat terbang pada ketinggian 18 km dari permukaan bumi dangan jarak tempuh  sekitar 22 ribu km, karena pesawat ini dapat terbang terus menerus selama 32 jam tanpa mengisi bahan bakar lagi, menjalankan misi visualisasi area seluas 100.000 kilometer persegi dalam satu hari, dan dan mengirim informasi dan gambar ke markas dengan sangat cepat.

Bobot RQ-4  Global Hawk saat terbang diperkirakan mencapai 14,5 ton dan dapat membawa barang seberat 1.360 kilogram.

Pesawat ini terbuat dari aluminium, sulit dideteksi radar, dan mesinnya menggunakan bahan bakar cair yang membuatnya mudah untuk terbang pada ketinggian optimal.

Harga pesawat ini US$ 220 juta dan tercatat  sebagai salah satu pesawat AS yang termahal.

Baca: Beberapa Posisi AS di Irak Diserang Roket, Terkait Dengan Ketegangan Teheran-Washington?

Militer AS mengklaim bahwa Iran telah menjatuhkan salah satu pesawat MQ-4C di atas perairan internasional setelah membantah laporan bahwa IRGC menjatuhkan RQ-4.

MQ-4C yang diklaim telah dijatuhkan di atas perairan internasional itu merupakan versi maritim RQ-4 yang harganya paling murah dan teknologinyapun paling minim. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*