iran-sudanKhartoum, LiputanIslam.com – Menyusul Arab Saudi dan Bahrain, Sudan ikut memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran. Sebagaimana dilaporkan kantor berita Sudan, SUNA, dan dikutip IRNA, Kementerian Luar Negeri Sudan Senin (4/1/2016) menyatakan, “Sebagai bentuk solidaritasnya dengan Arab Saudi, Khortoum memutuskan hubungannya dengan Teheran.”

Beberapa jam sebelumnya, pengumuman pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran juga dinyatakan oleh pemerintah Bahrain yang notabene sekutu terdekat Saudi di kawasan Teluk Persia. (Baca: Bahrain Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Iran)

Sudan semula dikenal sebagai negara yang sangat rapat dengan Iran dan bahkan kerap disebut sebagai sekutu Iran. Namun, sejak Arab Saudi melancarkan serangan ke Yaman dengan tujuan menumpas milisi Houthi yang dianggap sebagai sekutu Iran di Yaman, Sudan tiba-tiba ikut menyerang Houthi dan memusuhi Iran sehingga banyak kalangan menduga Khortoum tak tahan menyaksikan godaan harta dari Riyadh.

Seperti diketahui, hubungan Saudi dengan Iran memburuk setelah Saudi menghukum mati ulama Syiah Saudi, Syeikh Nimr al-Nimr. (Baca: Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Iran(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL