Moskow, LiputanIslam.com –   Rusia menuduh AS berusaha menambah ketegangan di kawasan Teluk Persia sehingga Negeri Beruang Merah itu mengaku khawatir terhadap kemungkinan terjadinya “konfrontasi langsung” menyusul akumulasi peristiwa antara Iran dan negara-negara Barat.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov, Kamis (11/7/2019), mengatakan, “Situasi sangat mencemaskan, dan kami melihat bahwa resiko terjadinya konfrontasi langsung meningkat pesat belakangan ini serta semakin menyulitkan harapan akan terjadinya perkembangan peristiwa (positif) di masa mendatang.”

Seperti dikutip kantor berita resmi Rusia Ria Novosti, Ryabkov juga mengatakan, “Washington melakukan segala sesuatu supaya krisis berkelanjutan dan terus memburuk.”

Dalam perkembangan terbaru, Inggris mengklaim pasukan Iran Rabu lalu berusaha mencegat kapal tanker Inggris di Selat Hormuz namun terpaksa mundur setelah pasukan maritim Kerajaan Inggris turun tangan melindungi kapal itu. Iran membantah klaim ini.

Baca: IRGC Bantah Tudingan Cegat Tanker Minyak Inggris

Kremlin mengaku “mengikuti dari dekat” perkembangan situasi di Teluk Persia dan konsisten kepada “kebebasan pelayaran tanpa syarat di Teluk Persia dan Selat Hormuz” demi kelancaran “perekonomian dunia”.

“Kami kembali mengimbau kepada semua pihak untuk menahan diri di Teluk Persia agar situasi tidak semakin memburuk dan semua persoalan sensitif dapat diselesaikan melalui jalur dialog,” ungkap juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, Kamis.

Pasukan Inggris sejak pekan lalu menahan kapal tanker pengangkut minyak Iran di perairan Gibraltar yang berada dalam kekuasaan Inggris di ujung selatan Spanyol. Iran menyebutkan tindakan ini sebagai aksi “pembajakan” di perairan internasional.

Presiden Iran Hassan Rouhani Rabu lalu memperingatkan bahwa tindakan Inggris itu “berkonsekuensi” buruk. Sedangkan mantan komandan IRGC Mohsen Rezai pada 5 Juli lalu menyatakan Iran bisa jadi akan membalas tindakan itu dengan mencegat kapal tanker Inggris.

Baca: Presiden Rouhani Ingatkan Inggris Resiko Penahanan Kapal Tanker Iran

(mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*