Foto: STR/AFP

Tehran,LiputanIslam.com—Angkatan laut kerajaan Inggris telah mengawal tanker minyak Inggris saat tengah melewati Selat Hormuz pasca munculnya beberapa laporan tentang boat-boat yang diiduga milik Iran sedang berusaha mencegat tanker tersebut.

Namun, kantor berita semi-resmi Iran, Fars News, melaporkan klaim tersebut telah dibantah oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada Kamis (11/7).

Kabar tentang munculnya boat-boat milik Iran yang diduga akan menahan tanker Inggris masih simpang siur. Pejabat resmi Departemen Pertahanan AS mengklaim jumlah boat militer Iran mencapai lima unit, sementara London menyebutnya hanya tiga.

Mengomentari insiden tersebut, Presiden Hassan Rouhani justru meledek Inggris dan mengatakan Tanker Inggris tak perlu dikawal oleh Angkatan Laut Kerajaan jika mereka tak menyita tanker minyak Iran.

Baca: AS Menciut, Berharap Hubungannya dengan Iran Kembali Normal

Pemerintah Inggris, melalui angkatan lautnya di perairan Gibraltar, sebelumnya telah menahan sebuah tanker minyak milik Iran yang diduga hendak pergi ke Suriah. Meski tudingan itu telah dibantah oleh Iran, sampai saat ini, tanker Iran tak kunjung dilepaskan. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*