Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani melayangkan surat kepada para pemimpin negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Irak berisi pernyataan mengenai prakarsa “Hormuz untuk Perdamaian” yang diajukan Iran untuk pengamanan pelayaran di perairan Teluk Persia.

Hal ini dinyatakan pemerintah Iran, Sabtu (2/11/2019), setelah surat kabar Al-Jarida terbitan Kuwait melaporkan bahwa Rouhani telah mengirimkan surat kepada semua negara anggota GCC, termasuk Arab Saudi dan Bahrain, melalui Kuwait, dan bahwa Teheran telah mendapat respon positif dari Riyadh dan Manama.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousawi tidak membantah laporan mengenai adanya respon positif dari Saudi dan Bahrain tersebut.

Baca: Iran Luncurkan Varian Baru Pesawat Nirawak Panggul “Farbad”

Mousavi menyatakan bahwa pengiriman surat itu menandakan “kesungguhan dan besarnya perhatian Iran kepada negara-negara regional dalam upaya menjamin stabilitas dan keamanan kawasan Teluk”.

Dia menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam waktu dekat ini akan melayangkan surat mengenai prakarsa itu kepada Sekjen PBB Antonio Guterres.

Baca: Ayatullah Khamenei Sampaikan Seruan Kepada Demonstran di Irak dan Libanon

Presiden Iran Hassan Rouhani dalam sidang Majelis Umum PBB pada September lalu telah mengungkapkan prakarsa pengamanan kawasan Teluk Persia dan pelayaran di kawasan ini dengan partisipasi Iran, Irak, dan negara-negara GCC, tanpa melibatkan satupun negara asing. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*