Baghdad, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Irak Adil Abdul-Mahdi mengaku mengundurkan diri demi membantu menyelesaikan krisis dan meredakan situasi, sementara parlemen negara ini menyerukan pemilihan pengganti Abdul-Mahdi secepatnya.

“Pengunduran diri ini penting untuk mengurai krisis dan meredakan situasi di Irak,” ujarnya dalam pernyataan pertamanya, Sabtu (30/11/2019), usai menyerahkan surat pengunduran dirinya secara resmi kepada parlemen sehari sebelumnya.

Dia memohon kepada parlemen agar menerima pengunduran dirinya dengan mengingat krisis politik yang sedang melanda Negeri 1001 Malam ini.

“Saya berharap kepada parlemen memilih pengganti saya secepatnya,” pinta Abdul-Mahdi.

Dia menambahkan, “Setelah berlalu satu tahun sejak dibentuknya pemerintah kami telah mencapai titik penghabisan. Karena itu hendak dibukan jalan bagi yang lain untuk menyembuhkan situasi yang ada sekarang.”

Baca: Moqtada Sadr Sambut Gembira Pengunduran Diri Abdul-Mahdi Mundur dari Jabatan PM Irak

Mengenai gelombang unjuk rasa protes yang bermula sejak awal Oktober lalu sampai sekarang, dia mengatakan, “Otoritas Iran berinteraksi dengan unjuk rasa yang berkelanjutan dengan memandangnya sebagai unjuk rasa damai, tapi ada orang-orang yang menodainya.”

Dia kemudian menyinggunggung imbauan ulama besar Irak Grand Ayatullah Sayid Ali Sistani dengan mengatakan bahwa pengunduran dirinya merupakan “respon atas khutbah otoritas keagamaan tinggi dan mengingat situasi sulit yang menimpa negara ini, serta demi menyediakan situasi yang lebih baik untuk meredakan situasi.”

Baca: Ayatullah Sistani Minta Pengunjuk Rasa Irak Pisahkan Diri dari Perusuh

Juru bicara pemerintah Irak, Saad al-Hadithi, Sabtu, menyatakan bahwa Adil Abdul-Mahdi telah menyerahkan surat permohonan pengunduran dirinya kepada parlemen.

“Perdana Menteri telah menyerahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat permohonan penguduran dirinya secara resmi, yang kemarin telah dia tekankan bahwa dia akan mengirimkannya,” tutur al-Hadithi. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*