Sanaa, LiputanIslam.com –  Pejuang Ansarullah (Houthi) menembak jatuh satu unit drone pengintai milik pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi saat terbang di angkasa provinsi Hajjah di bagian barat laut Yaman.

Biro media Ansarullah dalam sebuah pernyataannya, Ahad (1/12/2019),  mengumumkan bahwa pasukan pertahanan udara Yaman telah membidik drone Wing Loong yang terbang pada  ketinggian sedang dengan rudal darat-ke-udara di distrik Hayran pada Sabtu malam (30/11/2019).

Tentara Yaman dan sekutunya, pejuang Komite Rakyat yang berafiliasi dengan Ansarullah, dalam beberapa bulan terakhir sering berhasil menembak jatuh pesawat musuhnya.

Drone Wing Loong buatan Cina juga pernah tertembak jatuh di daerah Bani Muadh di distrik Sahar, provinsi Sa’ada, di barat laut  Yaman pada 19 April 2019.

Baca: Ansarullah di Yaman Nyatakan Situasi tak akan Stabil jika Persyaratannya tak Diterapkan

Pada Kamis pekan lalu tentara dan pejuang Yaman juga telah menembak jatuh helikopter Apache milik Saudi di dekat perbatasan Yaman hingga kedua pilotnya tewas.

Baca: Pasukan Yaman Tembak Jatuh Helikoper Apache Arab Saudi

Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya melancarkan invasi militer ke Yaman sejak Maret 2015 untuk memerangi Ansarullah dengan dalih memulihkan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Lembaga Proyek Data Lokasi dan Peristiwa Konflik Bersenjata yang bermarkas di AS (ACLED) memperkirakan bahwa sejak invasi Saudi dan sekutunya itu perang di Yaman telah merenggut lebih dari 100.000 jiwa.

Perang Yaman juga telah menghancurkan banyak infrastruktur negara ini, dan PBB mencatat lebih dari 24 juta orang Yaman sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, termasuk 10 juta orang yang menderita kelaparan tingkat ekstrem. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*