Sanaa, LiputanIslam.com –   Pasukan pertahanan udara Yaman berhasil menembak jatuh satu unit pesawat nirawak pengintai MQ-9 buatan Amerika Serikat (AS) milik pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di pesisir Barat Yaman.

Penembakan jatuhan nirawak MQ-9 ini tercatat sebagai satu prestasi baru pasukan pertahanan udara Yaman dalam membidik pesawat nirawak canggih milik Saudi.

MQ-9 merupakan nirawak mutakhir buatan perusahaan AS General Atomics dengan sistem yang serba canggih dan dikendalikan melalui satelit untuk melakukan misi tempur dan pengintaian.

Baca: Serangan Siber Yaman Putus Aliran Listrik di Saudi

Dengan tertembak jatuhnya MQ-9 maka jumlah nirawak Saudi yang rontok di Yaman pada tahun ini menjadi lima unit.

Sementara itu, Media Perang Yaman melaporkan bahwa jumlah korban tewas tentara Saudi dalam beberapa minggu terakhir mencapai 71 orang yang beberapa antaranya adalah perwira tinggi.

Media Saudi sendiri menyatakan bahwa tentara Saudi yang tewas dalam beberapa pekan terakhir meningkat di front Jizan, Najran, dan Asir di bagian selatan Saudi.

Baca: Yaman Tegaskan Peralihan Dari Tahap Pertahanan Ke Serangan

Sumber militer menyatakan bahwa jumlah korban tewas dan luka di pihak Saudi beberapa kali lipat lebih besar daripada  jumlah yang dinyatakan secara resmi oleh Saudi, karena Riyadh sengaja menyembunyikan kerugian yang dialaminya selama lima tahun melancarkan invasi militer ke Yaman. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*