NewYork, LiputanIslam.com –   Surat kabar AS New York Times (NYT) melaporkan bahwa Rezim Zionis Israel telah melancarkan beberapa serangan yang menarget pangkalan pasukan anti-teror Irak “dalam beberapa hari terakhir”.

Dua pejabat senior AS mengatakan kepada NYT bahwa serangan itu menarget gudang amunisi Irak, dan mengklaim bahwa situs itu digunakan “untuk mentransfer senjata ke Suriah”.

Laporan ini mengemuka setelah ada klaim bahwa serangkaian serangan udara telah menerjang basis-basis pasukan relawan Irak Hashd al-Shaabi pada bulan lalu.

Pada 19 Juli sebuah drone dilaporkan telah menargetkan pangkalan pasukan relawan Irak itu di dekat kota Amerli di Irak barat laut.

Laporan NYT pada Jumat (23/8/2019) mengutip pernyataan seorang pejabat senior intelijen Timur Tengah yang tidak disebutkan namanya bahwa Israel secara khusus berada di belakang serangan 19 Juli.

Baca: Al-Maliki: Kami akan Balas Jika Israel Terlibat Serangan ke Irak

Awal pekan ini, serangan lain mengguncang posisi al-Hashd al-Shaabi di dekat pangkalan udara strategis di utara Baghdad.

Kamandan Al-Hashd al-Shaabi Abu Mahdi al-Mohandes menyatakan pihaknya menganggap AS bertanggung jawab sepenuhnya atas serangan itu.

“Kami memiliki informasi yang akurat dan kredibel bahwa AS membawa empat pesawat nirawak Israel tahun ini melalui Azerbaijan untuk beroperasi di dalam armada AS guna melakukan serangan mendadak yang ditujukan ke markas militer Irak,” katanya.

Al-Hashd al-Shaabi lantas bersumpah akan menembak setiap pesawat tak dikenal yang mendekati pangkalannya.

Pada hari Kamis lalu al-Hashd al-Shaabi mengaku telah menembak jatuh pesawat mata-mata tak dikenal di angkasa Baghdad.

NYT memuat laporan itu sehari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengisyaratkan kemungkinan serangan Israel ke Irak. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*