Riyadh, LiputanIslam.com –  Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir turut melontarkan tuduhan terhadap Iran terkait dengan insiden serangan hebat yang menimpa dua pabrik minyak Abqaiq dan Khuraish milik perusahaan minyak Saudi, Aramco, dan menyerukan kepada masyarakat dunia agar mengambil “sikap tegas” terhadap Iran.

“Serangan terhadap Abqaiq dan Khuraish dengan senjata Iran adalah serangan yang bukan hanya terhadap Kerajaan (Saudi) saja, melainkan juga terhadap dunia dengan menyasar suplai energi untuk pasar internasional,” cuit Al-Jubeir di Twitter, Kamis (19/9/2019).

Dia menilai serangan itu “kelanjutan dari kebijakan destruktif dan agresif Iran” sehingga “masyarakat dunia harus bertanggungjawab dan mengambil sikap tegas terhadap perilaku Iran.”

Baca: Saudi Tuding Iran Penyerang Aramco, Ini Bantahan Awal Teheran

Al-Jubeir menambahkan, “Mengentengkan Iran akan membuatnya semakin bernyali melanjutkan aksi-aksi destruktif dan agresif, yang dampaknya akan menjangkau keamanan dan perdamaian internasional, bukan saja bagi kawasan.”

Sabtu lalu Saudi mengumumkan dapat mengendalikan kobaran api di kilang minyak Abqaiq dan Khuraish yang terjadi akibat serangan sejumlah drone. Kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, namun AS dan Saudi menuduh Iran berada di balik serangan itu, dan Iranpun membantahnya.

Baca: Houthi Yaman Nyatakan Siap Menyerang Dubai dan Abu Dhabi

Riyadh mengaku masih terus melakukan penyelidikan atas insiden yang melumpuhkan sekira separuh volume produksi minyak Saudi itu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*