Quds, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuding Iran merencanakan serangan terhadap Israel, dan karena itu dia mengaku melakukan segala tindakan yang memungkinkan untuk bereaksi terhadap rencana itu.

Netanyahu yang sedang menghadapi berbagai tuduhan korupsi dari Kejaksaan Tinggi Israel dan sedang berjuang mempertahankan kekuasannya itu melontar tuduhan tersebut saat meninjau pangkalan militer Israel di Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diduduki pasukan Zionis Israel.

“Permusuhan Iran terhadap kami di kawasan berlanjut,” ujarnya, seperti dikutip Rai al-Youm, Ahad (24/11/2019).

Tuduhan ini dia lontarkan juga bersamaan dengan kunjungan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata AS Mark Milley  ke Israel untuk menemui sejawatnya di sana, Aviv Kochavi, dan militer Israel menyatakan bahwa Milley dan Kochavi telah membahas berbagai masalah operasional dan perkembangan situasi regional.

Netanyahu menegaskan, “Kami melakukan tindakan-tindakan darurat untuk mencegah Iran memperkuat eksistensinya di kawasan kami… Tindakan itu meliputi aktivitas yang diperlukan untuk mencegah transfer senjata mematikan dari Iran ke Suriah, baik melalui udara maupun darat.”

Baca: Soal Permukiman Zionis, Iran Sebut Menlu AS Terpasung di Abad Ke-18

Dia menambahkan, “Kami akan bergerak untuk mencegah sepak terjang Iran mengubah Irak dan Yaman menjadi pangkalan-pangkalan peluncuran rudal (terhadap Israel).”

Rabu lalu Israel mengklaim bahwa jet-jet tempurnya telah melancarkan serangan “sengit” terhadap pasukan Iran dan tentara Suriah di Suriah setelah sistem pertahanan udara Israel Kubah Besi mencegat empat rudal yang ditembakkan “oleh pasukan Iran” dari Suriah.

Baca: Resmi Jadi Tersangka, Netanyahu Dituntut Mundur dari Semua Jabatannya

Jaksa Agung Israel Avichai Mandelblit Kamis lalu mengumumkan dakwaannya terhadap Netanyahu terkait dengan kasus-kasus korupsi berupa penyuapan dan penyalah gunaan jabatan. Dakwaan ini membangkitkan spekulasi bahwa masa kekuasaan Netanyahu sebagai perdana menteri Israel akan segera tamat. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*