Teheran, LiputanIslam.com –  Penasehat Pemimpin Besar Iran Yahya Rahim Safavi menegaskan bahwa badai serangan balasan Iran akan menjangkau Laut Tengah hingga Samudera India jika negara republik Islam itu sampai mendapat serangan dari AS.

“Jika AS berkonspirasi terhadap Iran maka bangsa negara ini akan membalasnya dari Laut Tengah hingga Samudera India,” tegas Safavi, Jumat (20/19/2019).

“Orang-orang AS tahu persis bahwa kami memiliki pemimpin yang bijaksana dan pemberani, dan bahwa kebijakan Iran merepresentasikan upaya penguatan keamanan dan perdamaian. Kami berharap musuh-musuh kami di kawasan dan dunia mengetahui bahwa Iran tidak berusaha melakukan ekspansi dan serangan terhadap negara manapun,” lanjutnya.

Baca: Nasrallah: Insiden Aramco Buktikan Minyak Lebih Mahal daripada Darah!

Sehari sebelumnya, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif menanggapi pernyataan Menlu AS Mike Pompeo dengan mengingatkan AS dan Saudi untuk tidak mencoba menyerang Iran karena “akan menyebabkan perang total”.

Saat itu Pompeo yang menuding Iran terlibat di balik insiden Aramco mengatakan bahwa serangan ke pabrik minyak Saudi itu merupakan “pernyataan perang”.

Baca: Zarif: Jika Iran Diserang, Perang Besar akan Berkobar

Sementara itu, Penasehat Presiden Iran Husamuddin Ashna di Twitter menyatakan ada satu opsi  yang seharusnya dipilih oleh Saudi, yaitu “perdamaian total” daripada terjerumus dalam “perang total”. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*