Teheran, LiputanIslam.com –  Tiga negara Arab di Teluk Persia menyambut baik inisiatif Iran untuk keamanan di kawasan ini. Demikian dikatakan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, Senin (25/11/2019).

Tanpa menyebutkan nama, dia menjelaskan bahwa tiga negara itu menyambut inisiatif Iran dan membalasnya dengan surat tertulis yang ditujukan kepada Presiden Iran Hassan Rouhani.

Pada awal November lalu Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan bahwa Rouhani telah melayangkan surat kepada  negara-negara Arab anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Irak mengenai gagasannya untuk mengamankan pelayaran di kawasan Teluk Persia. Rouhani menamai  gagasan itu  “Prakarsa Perdamaian Hormuz.”

Mousavi mengatakan, “Saya berharap bahwa negara-negara di kawasan ini akan menanggapi seruan Iran untuk perdamaian, dan telah kami nyatakan bahwa di mana negara-negara asing bercokol di situ mereka mendatangkan kekcauan. Sebagian negara telah memberikan balasan tertulis untuk surat Presiden Rouhani, dan ada tiga negara yang telah menyambut baik inisiatif Iran ini.”

Baca: Pasukan Elit Iran Mengaku Berhasil Gagalkan “Mega Konspirasi” Dalam Tempo 48 Jam

Dia menekankan bahwa Iran “mengutuk peran pasukan asing di kawasan  dan menganggapnya sebagai pemicu instabilitas dan ketegangan,” sementara prakarsa Iran itu adalah “dalam rangka menggalang keamanan bagi kawasan.”

Sebelumnya, Presiden Rouhani menyebutkan bahwa prakarsa itu merupakan proyek kerjasama  Iran dengan negara-negara regional untuk membangun keamanan di Teluk Persia, Selat Hormuz, dan Laut Oman.

Baca: Gelar Latihan Perang, Iran Tegaskan Pelanggar Zona Udara Tak Akan Dapat Keluar Lagi

Dia menekankan bahwa kebercokolan pasukan asing di kawasan Teluk Persia berbahaya bagi keamanan jalur perairan, keamanan maritim, serta keamanan minyak dan energi.

Di pihak lain, Saudi dan Uni Emirat Arab pada September lalu menegaskan tekadnya bergabung dengan aliansi yang dipimpin AS untuk menjamin keamanan pelayaran di Teluk Persia. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*