NewYork, LiputanIslam.com –  Utusan Khusus PBB untuk Yaman Martin Griffiths menyatakan optimis bahwa keadaan di Yaman akan segera memulih.

“Saya pikir kita akan melihat Yaman segera kembali normal,” tuturnya dalam penjelasannya kepada Dewan Keamanan PBB, Jumat (22/11/2019).

Griffiths mencatat bahwa telah terjadi penurunan signifikan pada intensitas serangan di Yaman sebesar 80 persen dalam dua minggu terakhir.

Dia menilai penurunan ritme perang ini merupakan pertanda terbukanya prospek perdamaian pihak-pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman.

Baca: Anak-anak Yaman Turun ke Jalan, Minta Perang Yaman Segera Berakhir

Dia juga mengatakan, “Kami sebelumnya telah meminta penyelesaian secara fleksibel untuk memasukkan suplai-suplai minyak melalui Pelabuhan Hudaydah dan pemanfaatan impor-impornya.”

Utusan Khusus PBB untuk Yaman menyebutkan bahwa situasi di Hudaydah juga mengindikasikan adanya berbagai konsensi signifikan untuk pencapaian gencatan senjata.

Baca: Kontak Senjata Terjadi Lagi antara Proksi Saudi dan Proksi Uni Emirat Arab di Yaman

Griffiths meminta semua pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman melakukan pengaturan untuk mengakhiri pertempuran.  Dia juga menekankan pentingnya peranan dan partisipasi kaum perempuan Yaman dalam upaya mewujudkan perdamaian. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*